Jakarta, 25 April 2024 - Pengalaman pelanggan (Customer Experience atau CX) dan digital marketing merupakan salah satu kunci keberhasilan bagi perusahaan di berbagai sektor. Menurut laporan global dari Adobe di akhir tahun 2023 lalu, perusahaan yang memprioritaskan CX bisa mendapatkan 23% pelanggan lebih banyak dibanding perusahaan lain. Temuan ini menegaskan bahwa perusahaan semakin memprioritaskan CX, dan strategi untuk memperkuat CX menjadi semakin krusial dalam mempertahankan daya saing mereka.
Perusahaan layanan bisnis digital, transcosmos Indonesia (TCID) yang berdiri sejak tahun 2013 dan berlokasi di Jakarta, Semarang dan Yogyakarta, secara konsisten hadir menyediakan solusi inovatif untuk meningkatkan pengalaman pelanggan (CX) dan digital marketing yang menggabungkan keahlian SDM dan teknologi terbaru untuk membantu memaksimalkan potensi bisnis perusahaan. Layanan contact center, yang merupakan bagian penting dari CX, dan digital marketing TCID meliputi seluruh tahapan interaksi pelanggan bagi perusahaan, mulai dari pencarian calon pelanggan, konversi penjualan, hingga mempertahankan pelanggan. Sehingga, perusahaan tidak perlu menggunakan berbagai layanan dari vendor yang berbeda.
Di sektor layanan contact center, TCID mengembangkan teknologi dan menawarkan layanan fitur-fitur canggih seperti chatbot, talkbot, dan otomatisasi berbasis AI. Menurut survei yang dilakukan oleh Harvard Business Review, 73% pelanggan mengatakan bahwa waktu adalah aspek terpenting dalam memberikan pelayanan yang baik. Oleh karena itu, penggunaan chatbot dan talkbot memungkinkan TCID untuk memberikan respon lebih cepat dan efisien terhadap kebutuhan pelanggan. Penggunaan bot dalam proses ini juga memungkinkan TCID untuk mengelola data pelanggan lebih efisien dibanding manusia yang memiliki keterbatasan. Sementara otomatisasi AI dapat meningkatkan kualitas layanan dengan memprediksi kebutuhan pelanggan berdasarkan data historis.
Sebagai penyedia layanan bisnis digital yang holistik, TCID menjadi salah satu perusahaan CX pertama di Indonesia yang mengadaptasi platform pesan paling populer, WhatsApp, sebagai saluran pendukung dalam contact center. Namun, disamping teknologi canggih yang ada, TCID masih memadukan sentuhan manusia dalam prosesnya. Beberapa contoh penerapan tersebut adalah Contact center inbound dan outbound yang meliputi beberapa layanan, di mana dalam inbound contact center TCID berperan sebagai first layer support untuk setiap permintaan informasi yang masuk, menangani pelanggan yang mencari informasi, meminta bantuan, atau melaporkan masalah terkait produk atau layanan. Sebaliknya, outbound contact center melibatkan agen yang proaktif menghubungi pelanggan atau calon pelanggan untuk tujuan seperti penjualan, pemasaran, atau survei kepuasan pelanggan.
Vice President Director transcosmos Indonesia, Ardi Sudarto mengatakan, “Kami percaya pengalaman pelanggan yang andal dapat menjadi fondasi dari kesuksesan bisnis. TCID memahami pentingnya integrasi teknologi dengan sumber daya manusia yang tepat untuk memastikan bahwa setiap interaksi dengan pelanggan tidak hanya berlangsung secara cepat dan efisien, tetapi juga terdapat analisis dan perencanaan melalui sentuhan manusia. TCID berkomitmen untuk terus menghadirkan solusi inovatif yang menggabungkan teknologi terdepan dengan keahlian manusia yang andal.”
Selain layanan contact center, TCID juga menyediakan solusi digital marketing secara holistik. Menurut proyeksi dari Statista, total pengeluaran iklan digital di Indonesia diperkirakan mencapai USD3 miliar pada tahun 2024. TCID membantu perusahaan memanfaatkan angka tersebut dengan menyediakan layanan digital marketing yang komprehensif, mulai dari perencanaan dan pelaksanaan kampanye digital advertisement, produksi konten yang menarik, manajemen media sosial, website development, customer engagement platform hingga layanan e-commerce. Layanan digital marketing TCID ini terbukti mampu meningkatkan Return On Ad Spend (ROAS) perusahaan e-commerce lebih dari sepuluh hingga lima belas kali lipat.
Ardi Sudarto menambahkan, “Solusi-solusi inovatif TCID mampu memberikan dampak positif bagi perusahaan dari berbagai industri, mulai dari telekomunikasi, FMCG, finance, otomotif, e-commerce, fintech, dan sebagainya. Dampak positif dapat terlihat mulai dari peningkatan efisiensi operasional, pengurangan biaya, hingga peningkatan penjualan. Melalui pendekatan secara holistik dalam CX dan digital marketing, kami membantu perusahaan memenangkan hati pelanggan dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.”
transcosmos Indonesia merupakan penyedia layanan customer experience dan digital bisnis yang merupakan anak perusahaan dari transcosmos Inc., perusahaan yang berpusat di Jepang dan berdiri sejak tahun 1966. transcosmos Indonesia menghadirkan layanan terpadu untuk mendukung berbagai aspek bisnis klien, termasuk teknologi CX. Untuk info lebih lengkap, kunjungi website transcosmos Indonesia, Instagram transcosmos Indonesia, dan Linkedin transcosmos Indonesia.
Tentang transcosmos Indonesia
Transcosmos Indonesia didirikan pada tahun 2013 dan bergerak di bidang layanan bisnis digital dan customer experience. Transcosmos Indonesia memiliki lebih dari 3.000 karyawan yang tersebar di 3 lokasi di Indonesia, yaitu Jakarta, Semarang dan Yogyakarta. Dipercaya untuk melayani berbagai klien dari multi sektor industri, termasuk e-commerce, retail, telekomunikasi, perbankan, dan asuransi, Transcosmos Indonesia menyediakan beragam layanan contact center, digital marketing, e-commerce support, data entry, IT support, dan lainnya.
Tentang transcosmos inc.
Sejak 1966, transcosmos Inc. telah menggabungkan sumber daya manusia yang kompeten dan teknologi terbaru untuk memberikan layanan berharga yang meningkatkan keunggulan kompetitif klien. Saat ini, transcosmos mendukung proses bisnis klien dengan fokus pada peningkatan penjualan dan optimalisasi biaya, melalui 181 kantor di 35 negara. Dengan operasional yang sebagian besar berada di Asia, transcosmos terus meningkatkan efisiensi operasional dalam mendukung klien. Sejalan dengan pertumbuhan pasar e-commerce global, transcosmos menyediakan layanan e-commerce global yang komprehensif untuk mendukung produk dan layanan unggulan klien kepada konsumen di 46 negara di seluruh dunia. transcosmos berambisi menjadi “Mitra Transformasi Digital Global” bagi klien, mendukung transformasi mereka dengan teknologi digital, dan merespons lingkungan bisnis yang dinamis. Kunjungi kami di: https://www.trans-cosmos.co.jp/english/