Kunjungi di sini untuk laporan lengkap Survei Belanja Online Global di 8 Kota 2024 (tidak ada terjemahan):
https://blog.trans-cosmos.co.jp/research/20240327_onlineshopping-survey.html

transcosmos inc. (Direktur Perwakilan, Co-presiden: Masaaki Muta, Takeshi Kamiya) mengadakan Survei Belanja Online Global di 8 Kota pada tahun 2024. Survei tahun ini berfokus pada perbedaan perilaku dan kesadaran saat menggunakan situs belanja online oleh Generasi X, Y, dan Z, dan juga mencakup “Cross Border E-Commerce” (Cross Border E-Commerce) EC).
(*1)Oshikatsu adalah bahasa slang Jepang yang terutama digunakan untuk dukungan antusias terhadap idola atau karakter yang memiliki rasa pengabdian.

Survei tersebut berisi bahwa perbedaan generasi mempengaruhi jenis perilaku dan sikap belanja online tertentu, seperti kesediaan untuk membeli barang dagangan favorit mereka (Oshikatsu). Di sisi lain, survei juga menemukan bahwa perbedaan kota mempunyai dampak signifikan terhadap perilaku konsumen. Misalnya, di Jakarta dan Mumbai, konsumen dari semua generasi menunjukkan minat yang kuat dalam membeli barang dagangan untuk mendukung idola mereka. Dalam hal penggunaan e-commerce lintas negara, Jepang merupakan salah satu tujuan belanja populer, khususnya di Bangkok dan Jakarta, yang didorong oleh iklan media.

■Survey Overview

Metode:
Panel penelitian online global, kuesioner multibahasa (tersedia pilihan bahasa lokal masing-masing)
Regions:
Tokyo (Jepang), Shanghai (China), Seoul (Korea Selatan), Mumbai (India), Bangkok (Thailand), Jakarta (Indonesia), New York (US), London (UK)
Responden:
Pria dan wanita berusia antara 11 dan 58 tahun yang pernah menggunakan belanja online (melakukan pembelian) dalam 12 bulan terakhir
Samples:
300 x 8 kota = Total 2,400
Period:
15 Februari sampai dengan 25 Februari 2024
Badan Penelitian:
Cross Marketing, Inc.

■Temuan penting

1. Perbedaan signifikan antara Gen Z dan X dalam aktivitas Oshikatsu, sedangkan seluruh generasi di Jakarta dan Mumbai aktif membeli merchandise favoritnya
●Survei ini membandingkan perbedaan perilaku dan sikap belanja online antara Gen X (lahir antara tahun 1965 dan 1980), Gen Y (lahir antara tahun 1996 dan 1981), dan Gen Z (lahir antara tahun 1997 dan 2012). Pola perilaku berikut ini umum terjadi di semua generasi; 1) memeriksa ulasan sebelum membeli; 2) memberi nilai pada produk; 3) merujuk ke situs ulasan; 4) lebih memilih menggunakan fungsi virtual untuk mencoba pakaian atau meletakkan barang menggunakan smartphone; dan 5) lebih memilih berbelanja dari website yang sama.
●Perbedaan yang signifikan terlihat antara Gen Z dan X dalam hal kesediaan mereka untuk “membeli barang-barang idola atau karakter favorit” yang menduduki peringkat ke-6 di antara Gen Z, sementara Gen X tetap rendah di peringkat ke-18. Jika dibandingkan berdasarkan kota, Gen Z cenderung memiliki minat tertinggi secara keseluruhan, kecuali Jakarta dan Mumbai yang menunjukkan Generasi Y memiliki tingkat minat tertinggi. Di kedua kota tersebut, Gen Z juga menunjukkan minat yang tinggi, hal ini menunjukkan bahwa pembelian barang-barang idola/karakter favorit sudah menjadi tren yang digemari semua generasi.

Chart 1 Top 10 consumer attitudes and behavior on online shopping (Top 10 questions which answer was Yes(%))

Chart 2 The ratio of consumers who want to buy goods of my favorite idol or characterb per city/generational cohort (%)

2. Jakarta dan Bangkok memiliki penggunaan situs belanja online Jepang yang tinggi, dipicu oleh pemberitaan media
●Lebih dari 70% responden di Bangkok, Mumbai dan Jakarta mengatakan mereka telah menggunakan situs e-commerce lintas negara. Di antara semua kota, tingkat penggunaan situs belanja Jepang yang paling tinggi adalah di Bangkok (34%), diikuti oleh Jakarta (31%)
●Di ketujuh kota tersebut, alasan paling umum yang diberikan untuk menggunakan situs belanja Jepang adalah karena mereka ingin membeli “produk/merek yang tidak tersedia di negara saya”. Di Shanghai, Bangkok dan Mumbai, banyak yang mengatakan bahwa mereka menggunakan situs belanja Jepang karena mereka ingin membeli barang yang “diperkenalkan sebagai produk bagus di media sosial dan blog” dan “ditampilkan di media sebagai produk populer di luar negeri.”

Chart 3 The ratio of consumers who use Japanese shopping websites per city/generational cohort (%)

Chart 4 Reasons for using Japanese shopping websites (The ratio of respondents who answered Yes (%))

“Meskipun kategori usia Gen X, Y dan Z sedikit berbeda antar negara dan wilayah, hal ini didasarkan pada pemahaman global yang sama bahwa perbedaan dalam lingkungan digital pada setiap tahap kehidupan tercermin dalam perilaku pembelian dan sikap konsumen. “Studi kami mengungkapkan bahwa kota mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, dan dalam banyak kasus, bahkan lebih besar daripada perbedaan generasi. Artinya, ketika berjualan di luar negeri dan melalui perdagangan live-streaming, pelaku bisnis diharuskan memahami keunikan setiap kota sebelum merespons perbedaan antar generasi.” komentar Masashi Hagihara, seorang analis di Transcosmos Global Business Headquarters.

Layanan terkait

* transcosmos adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar dari transcosmos inc. di Jepang dan negara lain.
* Nama perusahaan dan nama produk atau layanan lain yang digunakan di sini adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar dari masing-masing perusahaan.

Tentang transcosmos inc.
transcosmos meluncurkan operasinya pada tahun 1966. Sejak saat itu, kami telah menggabungkan "sumber daya" yang unggul dengan "teknologi" terkini untuk meningkatkan kekuatan kompetitif klien kami dengan menyediakan layanan yang unggul dan berharga bagi mereka. transcosmos saat ini menawarkan layanan yang mendukung proses bisnis klien dengan fokus pada ekspansi penjualan dan optimalisasi biaya melalui 172 kantor cabang kami di 28 negara/wilayah dengan fokus di Asia, sambil terus mengejar Keunggulan Operasional. Selain itu, mengikuti perkembangan pasar e-commerce dalam skala global, transcosmos menyediakan Layanan E-Commerce Global Satu Atap yang komprehensif untuk memberikan produk dan layanan terbaik klien kami kepada konsumen di 46 negara/kawasan di seluruh dunia. transcosmos bertujuan untuk menjadi "Mitra Transformasi Digital Global" dari klien kami, mendukung transformasi klien dengan memanfaatkan teknologi digital, dalam menanggapi lingkungan bisnis yang terus berubah. Kunjungi kami di sini https://www.trans-cosmos.co.jp/english/

Media Kontak
transcosmos inc. Public Relations & Advertising Department
Email:pressroom@trans-cosmos.co.jp